Ads 468x60px

Selamat Datang di Kapten48 Site .::Tempat Berbagi Artikel, Music, Video, Fan Art, Fan Fact, Jadwal Perfom dan Semua Hal yang Berkaitan Dengan JKT48 dan 48Family::. Have Fun ^_^ Selamat Membaca dan Semoga Bermanfaat

Monday, June 17, 2013

Idol Goup = Girl Band (?)

Halo sobat pembaca kapten48 kali ini kapten mau Sharing tentang apa itu Idol Group dan Girl Band

Yah, masih banyak orang diluar sana yang belum mengerti jelas tentang apa itu Idol Group mereka lebih tau Gilr Band ketimbang Idol Group Mengapa??
Ya karena Gil Band dulu lah yang terjun lebih lama di permusikan Indonesia, coba deh kalian tanyak sama Nenek / kakek kalian .... pasti mereka lebih tau lagu dangdut, wkwkwk ya kan?
Karena pada massa dulu lebih tenar dangdut dari pada Girl Band


Di postingan kali ini kapten mau memberikan opini Kapten sendiri. Menurut kapten GB dan ID itu ada Perbedaan dan Kesamaan nya memang sih secara garis besar itu Idol Group Berbeda Dengan Girl Band, tapi Kapten rasa ada persamaannya kok.

Ok yang Pertama Kapten kasih tau Perbedaannya dulu ya ....

Perbedaan Antara Idol Group dan Girl Band

Ngomong tentang Idol Group pastinya tidak asing dengan JKT48, ya sister group AKB48 itu memang berkonsep Idol Group
Penggemar JKT48, sister group AKB 48-idol group dari Jepang, atau dimana saja jelas BIASANYA tidak terima jika idola mereka masuk dalam daftar Girl Band.

"Lho, memang apa bedanya? Bukankah sama-sama beranggota perempuan cantik, bisa menyanyi dan menari?"

Di sinilah letak perbedaannya. Ketika sebuah girlband memulai debutnya, personelnya sudah lolos tahap audisi dan telah melalui sejumlah pelatihan, baik dari segi vokal mau pun koreografi. Publik tidak dapat mengikuti proses ini, karena ketika diperkenalkan ke publik, personel girlband ini sudah terlatih. Kalau diibaratkan makanan, sudah matang dan siap dikonsumsi.

Tidak demikian dengan Idol Group. Dalam sebuah wawancara dengan The Wall Street Journal, Yasushi Akimoto, produser umum AKB48 menjelaskan perbedaan AKB48 dengan girlband K-Pop. “AKB 48 masih belum komplit. Belum sempurna. Dalam menyanyi atau menari, mereka belum terlalu bagus. Fans bisa melihat progres mereka dan memberikan dukungan,” jelas Akimoto akhir Desember silam. Jika diumpamakan sebagai makanan, maka anggota idol group ini belum matang. Sebelum siap dikonsumsi, Anda bisa melihat proses memasaknya sampai jadi matang.
Tapi justru karena itulah yg membuat Idol Group itu lebih terkesan merakyat dan membaur ama fans

Perkembangan tiap member itu dipantau dan diperhatikan oleh para fans, jadi para fans tau dengan keseharian mereka, tau hobby dan kegiatan mereka bahkan kekurangan member secara nyata! dan tidak dibuat2...
justru seperti itulah... walau para fans tau Idola mereka punya kekurangan disana sini, tapi para fans jadi tau, kalau IDOLA mereka adalah MANUSIA BIASA. dan para fans bisa mencintai IDOLA mereka dengan setulus hati mereka. Maka bagi para member, gak usah takut untuk kelihatan kekurangan kalian dimata fans, justru kalau terlihat sempurna dengan dibuat2 fans tidak akan mencintai IDola mereka sepenuh hati kan? ^_^

Ettsss jangan salah sangka dulu memang benar AKB48 dan para sisternya belum sempurna pada awal pembuatan, kan memang itu perlu proses, TRUE?
Tapi lihat aja sekarang sudah JAUH LEBIH BAIK  dari sebelum - seblum nya ya walaupun harus ada perbaikan untuk kedepannya. Ya kan manusia itu gk ada yang sempurna yang bisa manusia lakukan moncoba tuk sempurna *KaptenBijak wkwkwkwk

Setelah anggota idol group ini terasa bakatnya, manajemen akan membuka peluang bagi mereka untuk bersolo karier. Makanya ada istilah “Lulus / Grad (berasalal dari kata Graduation)” bagi anggota yang dirasa sudah berkompeten untuk terjun di dunia hiburan. Jadi kesannya yang sudah sangat berpotensi dalam dunia tarik suara *ceilah bahasanya* bisa menjajal karirnya tanpa terikat oleh orang lain ^_^ ya kalau di sepak bola biasanya di sebut anak didik ntar di trasfer deh tuh ke club laen *hehehe

Lalu, audisi lain digelar. Angkatan baru pun dipilih dan siap digembleng agar bisa mengikuti jejak seniornya. Di sini juga letak keunikan dari sistem Idol, mereka terus beregenerasi terus menerus jadi gak berhenti untuk 1 Team aja. Tujuannya sih buat menciptakan generasi - generasi muda yang berbakat. Nah, sebetulnya ini juga bisa menjadi kesempatan bagi kalian yang merasa bebakat / berhobi Nyanyi / Dance untuk mengawali karir kalian.
 Manajemen Idol Group itu bukan mencari yang Pinter banget Nyanyi / Dance loh, awalnya juga personil JKT48 ada yang gk bisa dance dan ada juga yang suaranya masih kurang pas. TAPI, di sini mereka semua di latih dan di bina untuk menjadi seorang IDOL yang baik dan nyaris sempurna menurut kapten.

Kemudian banyak yang berfikir WOTA adalah Fandom Khusus JKT48,itu SALAH. Wota itu arti yang sebenarnya adalah "Otaku IDOL" dan bukan hanya AKB48 dan sister2nya saja, Morning Musume, dan idol - idol dari Hello! Project juga disebut dengan idol.
Otaku Idol adalah orang yang tergila - gila *kadang sampe parah juga ada, tapi yg baik juga ada, tergantung pribadi masing - masing* pada Idola mereka, misalnya dia tergila2 dengan Tomomi Itano (Tomochin) dan dia membeli semua barang yg berhubungan dengan Tomochin, itu disebut dengan WOTA Tomochin.
Nah, kalo ngoleksi barang - barang AKB48 dan sister - sister nya termasuk JKT48, namanya baru WOTA AKB48 SISTERS. Jadi intinya Wota itu sebuah Otaku Idol, jadi walau dia WOTA Tomochin tapi gak ngikutin AKB48, belum bisa dikatakan WOTA AKB48. Seperti itu.

So, Para Wotalay, Fans Garis Keras, Fans Karbitan, Fans Abal- abal jangan SOK & BANGGA kalau disebut WOTA. "FANS" aja cukup yang penting kita support ke idol kita. *KaptenBerpesan

Kebanyakan orang Indonesia yang mengidolakan JKT48, mengatakan kalau dirinya WOTA, belum bisa seperti itu Karena untuk menjadi Wota itu tidaklah gampang. Jadi kita hanya bisa bilang kalau kita ini Hanya FANS saja.
AKB48 sendiri pun tidak pernah memanggil para fans mereka pas konser itu "WOTA" karena banyak juga fans - fans yang tidak terima dengan sebutan Wota. Kebanyakan AKB48 bilangnya "Arigatou Minna-sann" atau "Arigatou Fansu no Minnasaann~" (Terima kasih Semua Fans2~~)

Dan lagi yang beda dari Idol Group  menejemen yang sangat rapi mampu menghipnotis para fansnya untuk membeli Brand - Brand yang mereka jual. Dan lagi Brand yang mereka jual itu tergolong baru di Indonesia. Contoh saja menjual LightStick, PhotoPcak, CD Album yang di dalamnya ada tiket handShake dan PhotoPack juga. Nah barang - barang itu kan belum ada sebelumnya di Indonesia.

Tapi yang kapten sayangkan ADA BEBERAPA fans JKT48 yang membeli puluhan Pacs CD album hanya di ambil gambarnya saja. Dan CD nya sendiri di buang ke tempat samapah. Sunggu perilaku yang tak terpuji tidak menghargai Lagunya hanya menikmati Body.\
Tapi itu hanya beberapa saja, jangan tersinggung ya ^_^ yang merasa semoga cepet sadar. Tapi BANYAK fans juga yang jiwa dagangnya besar ... mereka menjual barang yang sudah mereka beli ke Fans luar kota / fans luar pulau tentunya dengan maup untung yang lumayan juga.

Nah itu berbedaan antar Idol Group dan girlband, sekarang Kapten kasih tau nih PERSAMAAN antar IdolGroup dan Gilr Band

Persamaan Antara Idol Group dan GirlBand

Sebenarnya IDOL GROUP adalah kumpulan beberapa idol yang disatukan dalam sebuah grup. Jadi nama-nama beken asal Jepang seperti Morning Musume, Idoling!, SMAP dan AKB48 dan nama-nama idol grup terkenal asal Korea seperti Big Bang, Super Junior hingga SNSD sebenarnya memiliki definisi yang sama, yaitu Idol Group. Sebuah kumpulan idol yang tergabung dalam suatu grup.

"Lalu kenapa di Indonesia seakan membedakan Idol Group dengan Boyband/GilrBand ??"

Hal ini lebih kepada masalah bahasa dan shock culture yang dialami masyarakat Indonesia ketika JKT48 menyatakan diri mereka sebagai idol grup. Sesungguhnya negara-negara di Asia Timur menggunakan kata idol untuk seorang remaja yang menjadi bintang baru dan idol grup untuk sebuah grup yang diisi lebih dari satu bintang baru yang sama-sama di gandrungi oleh masyarakat mereka. Intinya masyarakat Asia Timur menyebut apa yang orang Indonesia sebut sebagai boyband atau girlband sebagai idol grup.

"Orang Jepang mungkin menyebut smash dan cheerybelle sebagai idol grup juga kok. Problem?"

Nah jadi kalian paham kan sebenanya apa itu Idol group dan apa itu GirlBand/BoyBand ??? yang belum paham segera dipahami yah, sebelum kalian ditertawakan oleh orang - orang asia timur karena minimnya pengetahuan anda tengang Per-Idol'an

Sekian, semoga kita masih bisa bertemu di Postingan yang selanjutnya, dan semoga Postinga Kapten48 kali ini dapat menambah pegetahuan anda ^_^

-o0o-

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda. Semoga Artikel Kami Bermanfaat dan Menambah Wawasan Anda ^_^ Follow Us @JKT48youngFC dan @Fans_Of_Althea